Minggu, 29 Januari 2012

Cerpen

“Sabrina, kalau setrika baju jangan sambil sms-an !!! ”, seru ibuku dengan penuh kesal.
“Iya ibu sayanggg....”, deruku dengan penuh rasa tak bersalah.
“kalau iya, ya sudah sms-annya dilanjutin nanti. Dibilangin beberapa kali sama ibu kok gak pernah didengerin”
“iya iya, aku denger kok, emangnya kenapa? ”
“kalau setrika sambil sms-an ya ya gak selesai-selesai to !!!”
“iya sih bu, tapi nanggung nih !! “
“kamu kalau dibilangin ada aja alasannya”
“hehe..namanya anak remaja”

***
Malam itu aku beranjak tidur, hp terus berdering seolah-olah memintaku untuk melihatnya siapa yang sms malam itu. Tetapi aku tak pedulikan siapa yang sms aku malam-malam. Karena bunyi dering handphone semakin keras ibu membuka sms-ku. Bruk... aku terbangun , jantungku berdetak begitu cepat aku takut jika sms itu dari pacarku. Eh,, ternyata dari nomor tak dikenal. Lega deh rasanya kalau ibu tidak mengetahuinya...
***
   
    subuh aku terbangan dan baru sadar, semalam nomor tak dikenal itu siapa ya??? Maksud dari sms-nya itu apa kok aku makin curiga, seperti diteror. Aku Semakin penasaran lalu ku teliti ajalah sms semalam yang belum sempat aku balas. Yeah, dugaanku benar, dia memang berniat menerorku dari kata-katanya kelihatan. Karena begitu penasarannya aku tidak berhenti berpikir. Setelah lama berpikir apa benar ya sipeneror itu temannya pacarku, soal smsnya itu tidak meyakinkan.
    “ah benar gak ya itu peneror temannya  pacarku??”  statusku dalam plurk.
    Dugaanku semakin menjadi,pasti sipeneror itu temannya pacaku, huhhh..punya niat apa sih!!!
Jam 07.00 wib aku berangkat sekolah, lumayan dekatlah jarak rumah ke sekolah kurang lebih 200 meter. Sebelum bel masuk aku sarapan dikantin, maklumlah ibuku gak pernah buatin sarapan. “Sab, maksud kamu tadi pagi bikin status diplurk tentang teror itu apa sih??” seru Wida penuh tanya. “ada masalah apa sih sab??” sahut teman-temannya.

Sebelum sabrina menjawab ...

Tettt..tettt..tettt..

Bunyi bel 3 kali menandakan sudah waktunya KBM dimulai. Aku duduk didepan meja guru dengan wida, temanku yang berwajah periang. Saat itu pelajaran Bahasa Indonesia, saat materi sedang diterangkan aku diam menatap horisontal penuh tanya.

“Paragraf ada 3......” kata bu Iin yang menerangkan materi dengan suara lantang. Tiba-tiba... derrr. Suara papan tulis yang digedok-gedok bu Iin sambil menatapku, aku langsung kaget dan tersentak.
“Sabrina jangan melamun !” ucap bu Iin melotot ke mataku.
“iya bu, maaf.”
“kalau sakit lebih baik tidak usah berangkat sekolah aja!! Daripada diterangkan malah tidak konsen”.
“tidak sakit kok bu, aku bisa konsen dengan materi bu Iin”
“Baiklah....”

Setelah bu Iin menegurku aku diam dan memperhatikannya. Satu jam pelajaran telah lalu, wida dengan suara berbisik menanyakan lagi tentang masalah statusku diplurk. Aku bercerita tentang  kejadian semalan diteror seseorang dan anehnya sipeneror itu menanyakan kabar dan menanyakan soal pacar.
“Mungkin dia pengen kenal lebih dekat denganmu” dengan bisikan wida pelan ditelingaku. Tapi apa mungkin ya? Kalau pengen jadi temen kan bisa dengan cara baik-baik gak kaya gini.aku kan jadi takut tau ndak !!! suara berisik terdengan dimejaku, bu Iin menegurku kedua kalinya. Untunglah sebelum selesai menegurku bel berbunyi.
Tettt..
Yeah, senang hatiku sambil tertawa.hahaha bunyi bel pergantian pelajaran. Antri berganti kaos olahraga diruang ganti diteruskan pemanasan dihalaman sekolah. Setengah pemanasan aku pingsan, padahal sebelumnya aku tak pernah pingsan, Cuma gara-gara pikiran yang penuh dan menumpuk semua yang ada dipikiranku down tubuh lemas taunya tepar deh !!! sampai 2jam aku baru sadar dan terbangun kuputuskan untuk pulang saja, lagian kalau dipaksakan ikut pelajaran tambah pusing berat deh rasanya.

Assalamu’alaikum...

“kok sepi ya? Ibu kan lagi libur kerja” pikirku dengan penuh rasa kesal.
 Ibu dengan langkah kaki cepat akan membuka pintu.
“lohh, kok sudah pulang sekolah sayang?” tanya ibu penuh penasaran.
Ceritanya panjang, intinya aku tadi pas olahraga pingsan lalu aku pulang dehh...aku tidur dulu ya bu nanti kalau ada temenku yang main kerumah bilang saja aku lagi sakit, tapi emang bener aku lagi sakit kepala pusing tingkat tinggi.
“iya terserah kamu saja...” jawab ibu sambil menghela nafas.
    Malamnya si peneror itu sms lagi dengan gaya bahasa berbeda dan tujuan jelas.
Message
From : 085729259XXX

    Assalamu’alaikum...
    Apa kabar sobat? Ini aku sahabat lamamu Alya.
Hmmm .. masih ingat kan???
Dulu waktu kecil kita sering maen boneka bareng,
Kangen ya masa-masa kecil kita. Oh iya sebelumnya aku minta mv
Soal kemaren malam kalau iseng ngerjain kamu.hehe....
Sebentar lagi aku punya kejutan nih buat kamu.
Di tunggu ya?????..bye


Cyarrrrrr....rr..suara pecahan gelas yang kujatuhkan dari tangan kananku.aku begitu kaget dan merasa tidak percaya kalau ternyata dugaanku salah besar ah bodohnya aku terlalu berfikiran negatif terhadap orang lain ehhh ternyata itu sahabat kecilku Alya yang sering menakut-nakutiku cacing waktu bermain.

Hmmm... ya Tuhan rasanya sungguh bahagia bisa berkomunikasi dengan teman lama. Tapi Alya kok bilang mau ngasih kejutan ya?? Jadi penasaran aku.

Saat makan malam ibu bertanya “kamu kok senyum-senyum sendiri, tadi kan habis pusing katanya mukamu redup seperti awan mendung”
Hehe, lagi seneng aja kok, Ibu inget Alya kan? Temen kecil dulu ? dia sms aku hlo tadi katanya mau ngasih kejutan buat aku tapi gak tau kapan ngasihnya...mungkin sebentar lagi deh,jadi gak sabar aku mendapat kejutan dari Alya kira-kira apa ya??

Ah kamu itu dari kecil kalau soal kejutan nomor satu terus tapi ngomong-ngomong Alya kok bisa tau nomor hp mu nak?

“Aku juga gak tau yang pasti bu, mungkin dari situs web-ku kali ya.”jawabku sambil makan nasi goreng.

    Pagi-pagi sekali terdengar suara begitu ramai di depan rumah dan aku berfikir kalau itu tetangga yang sedang kerja bakti kan waktu itu hari minggu pas ku buka tirai jendela ternyata bukan warga sedang kerja bakti melainkan ada tetangga baru. Brakkk... aku langsung terbangun membuka jendelakamarku.
“wow, tetangga baru nih!!!”
Aku keluar kamar langsung menuju ibu yang sedang masak didapur.

Tetangga baru kita asalnya dari mana sih bu? Tanyaku sambil menyisir rambut.

Belom tau ki nak  ibu belum menanyakannya soal asal rumahnya. Emang kenapa kok tanya-tanya? Tumben banget kamu tanya soal tetangga barubiasanya kan gak peduli.

Ya sekali sekali tanya to bu masak punya tetangga baru gak mudeng asal usulnya terus bisa di bilang gak etis. Hahaha...

 Kemudian kami tertawa

Suasana yang cerah membawa kegembiraan untuk menyelimuti hariku bersama ibu tercinta. Sejak ayah pergi kami tetap tersenyum kepada semesta atas segala kelimpahannya dan masih bersyukur apa yang diberikan oleh Tuhan. Ibu menyuruhku mandi agar lebih segar dan kelihatan anggun. Ah aku malas uda tau aku orangnya jarang  mandi pagi kalo hari libur masih aja disuruh mandi.

“Tidak mandi tidak ada sarapan” ibu bilang dengan senyum-senyum.

Okelah aku mandi dulu apa sih yang engak buat ibu, Hehe lebay deh aku. Sehabis mandi dan sarapan aku mengintip dari dalam rumah mengenai tetangga baru itu ternyata belum juga ada informasi lengkap  mendingan tinggal nonton tv aja lah mau ngapain juga gak ada yang ngajak main kok. Oh iya sms Alya aja deh biar ada temennya walau sekedar lewat sms yang penting rasa kangen terobati, Lebay deh aku...

Sebelum aku mengirim sms ke Alya

Tok..tok..tok..
Sabrina..Sabrina..
Tiba-tiba pintu rumah diketok dari luar dan menyebut namaku dua kali
Karena yang mengetok pintu menyebutkan namaku jadi aku segera membuka pintu.

Hay Sabrina
Haiiii A.L.Y.A . aku terkejut tanpa mengedipkan mata sedikitpun melihat Alya didepan wajahku melihatkan senyuman manisnya sampai beberapa menit hingga aku ikut tersenyum. Ternyata kejutan dari Alya adalah kehadirannya lagi menjadi sahabat dekat. “Masuk saja tidak usah sungkan-sungkan untuk duduk”, ucapku ingin segera cerita.
Setelah beberapa menit berdiri kita beranjak duduk di depan tv untuk bercerita, dia bilang mau tinggal di Bandung lagi sehabis mamanya meninggal satu minggu yang lalu. Aku sungguh sedih mendengar kabar buruk yang menimpa Alya. Tapi wajahnya sekarang tetap ceria seperti dulu tak pernah cemberut juga jarang sekali marah. Dan senangnya lagi kalau dia pindah satu sekolahan denganku di SMA N 1 Bandung yang sejuk  penuh nuansa indah dan bersahabat tapi dia mau gak ya.

Larut malam Alya main kerumah

Sabrina..sabrina..”suara Alya keras”
Aku bergegas membuka pintu dan ternyata Alya sudah didepan pintu. Loh, sudah larut malam kok boleh main keluar? Apa papamu nanti tidak marah kalau main malam-malam besok kan sudah masuk sekolah apa kamu belum berangkat ya atau belum cari sekolah baru terus ayahmu kemana? Tanyaku penuh rasa kuwatir.
Husstttt... gak enak cerita diluar deh kan udah malem,ucap alya judes.
Ya udah kekamarku aja ceritanya tapi kok mukamu gak enak kayak gitu to !! emangnya kenapa sih?

Enggak kok sab sebenarnya aku ingin menenangkan diri saja dari gangguan pacarnya papaku yang jutek dan nyeremin banget sampai-sampainaku gak betah dirumah malem orang waktunya tidur malah ada tante-tante girang dateng kerumah, sahut Alya sebel.
Oh begitu ya alasanmu malam-malam main kerumahku hanya untuk menenangkan diri. Hmmm.. tidur sini aja kan aku jadi ada temennya lagian kita sudah lama gak tidur bareng dikamarku. Hehehe...
Okelah sab malam ini aku tidur dikamarmu yang indah ini tapi besok pagi-pagi dibangunin ya soalnya aku mau cari sekolah baru, katanya sambil sms-an.

“andai saja kamu sekolah di SMA 1 BANDUNG” harapanku dalam hati.
“wooyy, tidur yuk, malah bengong??” Alya mengkagetiku saat diam.
“oh yayaya besok kan kamu cari sekolah baru ya apa sekolah ditempatku aja kan juga gak jelekan amat lagian kita bisa berangkat bareng pulang bareng kaya TK dulu masih inget kan”.
“yealah sab besok ku tanyakan dulu sama papa kalu setuju nanti aku kabari deh, udah malem tidur yuuk.

Kemudian kami tidur pulas sampai pagi datang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar