Sabtu, 12 November 2011

Sabdopalon

Sabdopalon adalah sossok magis yang amat misterius. kisahnya dibuku Darmogandhul Jangka Jayabaya Sabdopalon, juga dalan serat centhini.
ia kontroversial setidaknya karena beberap hal. pertama, sabdopalon menjadi semacam musuh bagi sunan kalijaga, penyebar Islam ditanah Jawa. kedua, ia dengan tegas menyatakan kecewa lahir batin dengan masuknya islam prabu wijaya V, yang sebenarnya adalah junjungannya. sebagai wujud rasa kecewa, sabdopalon memilih moksa daripada mengikutu Barawijaya masuk Islam. ketiga, sebelum moksa ia menyatakan akan muncul lagi ditanah jawa setelah 500 tahun kepergiannya. ia juga menyampaikan bahwa dirinya akan datang lagi padapuncak kalabendu alias zaman edan, untuk mengakhiri zaman kerusakan itu, dan menyebarkan agama budi. sembari muncul kembali, ia membawa asuhannya, yakni ratu adil, yang akan memperbaiki tatanan tanah jawa, dan memulai zaman kamukti atau zaman keemasan tanah Jawa.
Lalu orang berhitung. Apa yang terjadi pada 500 tahun setelah moksanya sabdopalon, yang bebarengan dengan runtuhannya Majapahit pada tahun 1400 Caka atau 1478 M? Ternyata, sesuatu memang terjadi pada tahun 1978. sesuatu yang boleh jadi merupakan tanda kemunculan pertama sosok magis tersebut.
Sabdopalon akan muncul lagi. Masa yang ia pilih adalah Zama Kalabendu, Zaman Edan. Keetika kerusakan moral manusian terjadi dimana-mana. tatkala bencana sosial dan bencana menghancurleburkan setiap penjuru kota dan desa. Korupsi, perselingkuhan, dan pemungutan pajak yang tak masuk akal. Juga Gempa, tsunami, banjir, serta angin puting beliung. Adapun tanda khusus kemunculan sabdopalon sangatlah jelas :meletusnya Gunung Merapi di Tanah Jawa yang amat dahsyat.
Maka,perhatikan, benarkah Zaman Edan sudah memuncak saat ini? simaklah tanda-tanda zaman, cermatilah tanda-tanda alam ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar