Senin, 12 November 2012

BAB 3 MATERI TIK KELAS XI


Mendeskripsikan Fungsi Komunikasi


1, Penggunaan Internet untuk Komunikasi
E-mail (Electronic Mail) merupakan salah satu fasilitas tertua dalam penggunaan Internet. E-mail merupakan fasilitas Internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Setiap hari hampirjutaan pesan dikirimkan ke segala tujuan. Dengan adanya e-mail maka akan mempermudah orang dari seluruh penjuru dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu singkat.
Salah satu alasan disebarluaskannya penggunaan Internet sebagai jaringan komputer internasional adalah karena fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan Internet. Jadi, apa pun jenis komputer kamu (Macintosh, PC, atau jenis komputer lainnya), apa pun cara yang kanm gunakan untuk mengakses Internet (dengan modem atau dari sebuah LAN), dan apapun jenis program e-mail yang kamu gunakan, kamu akan tetap dapat mengirim dan menerima surat melalui Internet.

Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu sebagai berikut:
1 . E-mail yang berbasis web
Pada e-mail jenis ini, seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web mail Setiap kali akan menggunakan e-mail, pengguna hams terhubung terlebih dahulu dengan Internet. Beberapa web mail penyedia layanan Internet gratis sudah banyak tersedia di Internet, misalnya TelkomNet Mail, Yahoo Mail, Hotmail.

2 . E-mail yang berbasis client
Dibutuhkan sebuah perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada e-mail jenis ini, misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang disediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan Internet.

2. Fungsi E-mail sebagai Alat Kbmunikasi

E-mail berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya. Pesan yang terdapat pada e-mail dibuat dengan pengolah kata yang menghasilkan suatu dokumen dan kemudian dikirimkan secara elektronik dengan menggunakan komputer. Komputer tersebut terhubung dengan komputer lainnya (misalnya, dengan modem) dan data dikirimkan melalui jalur tersebut. E-mail merupakan alat komunikasi yang mudah, murah, dan cepat.
Penggunaan e-mail memungkinkan data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Kamu dapat mengirim^berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. Kamu juga dapat mengirim e-mail ke beberapa orang sekaligus pada saat yang bersamaan.
E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
Selain memberikan banyak manfaat kepada para penggunanya, e-mail juga mempunyai dampak negatif. Misalnya, sebagai alat penyebaran virus komputer dan alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk lainnya, seperti para teroris yang menggunakan e-mail untuk menghubungi anggotanya di belahan dunia lain untuk melakukan rencana jahat mereka.


Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Melalui penyedia e-mail gratis
Cara ini merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan e-mail. Kamu tinggal mengunjungi web penyedia tersebut, mengisi datapribadi lalu kamu pun akan memiliki e-mail secara instan. Contoh penyedia layanan ini adalah Yahoo (mail.yahoo.com), Plasa (www.plasa.com), Telkom (www.telkom.net).
2. Undangan dari teman
Cara kedua ini adalah melalui undangan {invite) dari temanmu yang telah memiliki account pada penyedia layanan e-mail tersebut, Kamu tidak dapat mendaftarkan diri tanpa undangan dari salah seorang yang telah menjadi anggota. Contoh layanan ini adalah layanan e-mail yang disediakan oleh Google (mail. gmail.com).
3. Dari Internet Service Provider (ISP)
ISP adalah perusahaan yang melayani koneksi Internet. Beberapa contoh ISP di Indonesia, antara lain IndosatNET, WasantaraNet, danINDO.NET. Koneksi Internet dilakukanberdasarkanjumlahjam akses atau hak pakai selama 24 jam per hari. Kamu harus mendaftarkan diri kepada penyedia layanan tersebut untuk mendapatkan layanan e-mail.
4. Dari perusahaan
E-mail yang diperoleh dari perusahaan adalah e-mail yang diberikan oleh suatu perusahaan. Ciri khasnya adalah alamat e-mail ini memiliki identitas perusahaan di mana e-mail tersebut terdaftar. Untuk mendapatkan e-mail jenis ini, seseorang harus menjadi karyawan dari perusahaan tersebut.
5. Memesan sendiri
Cara ini bertujuan untuk mendapatkan alamat e-mail khusus yang dapat kamu tentukan sendiri, mulai dari nama domain, identitas kamu, serta fasilitas yang ingin kamu dapatkan dari e-mail tersebut. Untuk mendapatkannya, kamu harus memesan domain terlebih dahulu, kemudian memesan paket hosting untuk server kamu, baru kemudian kamu akan dapat menggunakan e-mail tersebut



B . Mendeskripsikan Persamaan dan Perbedaan Mailbox <>»sty viruses Out of your life


enggunakan E-mail untuk Komunikasi
Jr r

3. Jika kamu ingin mengetahui apakah terdapat pesan atau tidak, kamu cukup melihat dan mengklik tulisan
Inbox. Jika terlihat angka satu (1) maka pesan yang kamu terima sebanyak satu buah surat, seperti terlihat
pada Gambar 3,8, Dalam tampilan login, selain terdapat kotak surat (Inbox) j uga terdapat draft, surat yang
telah dikirim (Sent), surat yang terkena spam (Bulk), dan surat yang telah dihapus (Trash).
4. Klik salah satu subjek e-mail yang akan kamu baca (Gambar 3.9), sehingga halaman e-mail yang akan


E-mail alias adalah sebuah alamat e-mail yang menunjuk pada alamat e-mail lain yang telah ada, merupakan alamat e-mail yang berbeda.


Kamu mungkin per nah atau sering menerima e-mail dari MAILER-DAEMON@.... atau Mail Delivery System, yang memiliki Subject Failure Notice (atau judul-judul lain yang sejenis). Banyak para pengguna Internet (netter) awam yang bingung dengan e-mail seperti itu.
E-mail MAILER-DAEMON kira-kira sama seperti peristiwa ketika kamu mengirim surat ke sebuah. alamat, namun surat itu dikembalikan pada kamu dengan alasan si penerima tidak dikenal, alamat tidak jelas, si penerima sudah pindah, dan alasan lainnya. Dengan kata lain, ketika kamu menerima e-mail MAILER-DAEMON, artinya e-mail kamu gagal terkirim ke alamat tujuan.
Alasannya tentu bermacam-macam, seperti halnya alasan kegagalan pengiriman surat kamu melalui kantor pos. Sebenarnya, jika kamu cukup cermat dan dapat berbahasa Inggris (cukup bahasa Inggris yangpas-pasan saja), memahami e-mail MAILER-DAEMON tidaklah sulit. Pada setiap e-tnailMAILER-DAEMON, biasanya terdapat alasan kenapa e-mail tersebut gagal terkirim. Alasan-alasan yang paling umum adalah
1. Over Quota
Biasanya setiap account e-mail memiliki kuota atau kapasitas maksimum. Sebagai contoh, Webmail CBN memiliki kuota 5 MB. Jika isi mailboxkamu di Webmail CBN telah mencapaibatas 5 MB maka pada saat itu mailbox kamu telah penuh (over quota), sehingga kamu tidak dapat menerima e-mail baru.
2. Account Disabled or Discontinued
Jika kamu memiliki e-mail di Yahoo! Mail dan kamu tidak pernah login ke email kamu selama enam bulanberturut-turut, maka account e-mail'kamu akan dinonaktifkan. Dalam kondisi ini, semua pesan e-mail di mailbox kamu akan dihapus dan kamu tidak dapat menerima kiriman e-mailbaru. Hal ini adalah salah satu contoh kondisi account e-mail "disabled or discontinued", Account e-mail kamu masih tersedia (belum dihapus), namun account tesebut dalam keadaan tidak aktif atau tidak berfungsi.
3. Invalid Address
Kondisi ini sama seperti ketika kamu mengirim surat ke sebuah alamat yang tidak lengkap (misalnya, tanpa nomor rumah, tanpa nama kota, dan tanpa kode pos). Alamat e-mail yang kamu tulis tidak valid (salah), sehingga e-mail kamu tidak pernah sampai ke mana pun.
4. Masih banyak alasan lain. Akan tetapi, ketiga alasan di atas merupakan alasan yang paling umum.



1. M.engirim E-mail
Salah satu fasilitas lain yang disediakan oleh Yahoo! Mail adalah fasilitas untuk raengirim e-mail. Cara yang digunakan untuk mengirim pesan adalah sebagai berikut.
1. Langkah 1 sampai langkah 2 sama dengan cara menggunakan e-mail seperti yang telah dijelaskan
sebelumnya.
2. Klik ikon Compose.
3. Selanjutnya, akan munoil halaman Compose
4. Pada kotak To, ketikkan alamat e-mail penerima dan pada kotak Subject ketikkan dengan perihal atau
judul dari e-mail yaxig akan kamu kirimkan. Tulis judul e-mail dengan pendek dan jelas.
5. Pada kotak Cc (Carbon copy), isikan dengan alamat tujuan lain yang mendapat tembusan e-mail. Alamat
e-mail ini akan ditampilkan pada e-mail penerima sehingga penerima tahu siapa saja yang menerima e-
mail.
6. Pada kotak Bcc (Blind carbon copy), isi dengan alamat tujuan lain yang mendapatkan tembusan e-mail,
tetapi alamat ini tidak ditampilkan di sisi penerima sehingga penerima e-mail tidak mengetahui siapa saja
yang menerima e-mail'ini. Kolom ini dapat dikosongkan apabila kamu tidak menginginkan orang lain
menerimanya. Untuk memunculkan kotak Cc dan Bcc, pada bagian Options -> General Preferences -> pilih
Always show as fields.
1. Selanjutnya, ketik isi e-mail yang ingin kamu kirimkan pada kotak editor.
8. Klik tombol Send untuk mengirimkan e-mail.
9. Selanjutnya, akan muncul halaman konfirmasi pengiriman e-mail kamu (Gambar 3.12).
10. Klik Back to Inbox untuk kembali ke kotak surat (inbox)




2. Mengiiim Attachment File dalam E-mail
' '" '
Ketika melakukan pengiriman e-mail, selain bentuk teks kamu juga dapat mengirimkan atau menyertakan lampiran lain berupa_/i/e atau dokumen melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas attachment. Jika kamu ingin mengirimkan^ sekaligus di dalam pesan e-mailyang akan kamu kirimkan, kamu dapat melakukannya menggunakan langkah-langkah berikut.
1. Setelah kamu menuliskan pesan di kotak teks editor (Gambar 3.13), langkah selanjutnya klik tombol Attach Files.
2. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak dialog Attach Files,Pilih file yang akan kamu sertakan dengan cara mengklik tombol Browse Nama file yang kamu pilih akan muncul pada File 1 dan File 2
3. Klik attach file
4. Selanjutnya akan ditampilkan kotak proses pengambilan file
5. jika proses berhasil,maka kita dapat mengklik tombol Continue to message
6. Klik tombol Send untuk mengirim email beserta lampiran.

KODE ETIK PENGGUNAAN EMAIL

1. Hindari penggunaan huruf kapital terhadap seluruh isi pesan
2. Hormati prifacy orang lain
3. Ingatlah bahwa tidak semua orang bisa menerima semua hal yang kamu anggap lucu
4. Jangan teruskan surat berantai
5. Jangan melakukan spam
6. Perhatikan dulu susunan email
7. Selalu isi bagian subjek, jangan dibiarkan kosong.
8. Gantilah " Subject" atau judul e-mail apabila topik pembicaraan kamu berubah.
Seringkali setelah saling bertukar e-mail beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, tetapi "Subject?' atau judul e-mail belum diganti. Penggantian judul e-mail ini akan lebih memudahkan seseorang untuk memperoleh deskripsi isi e-mail yang diterima.
9. Hapuslah pesan "Reply" yang tidak perlu.
Beberapa perangkat lunak e-mail secara otomatis memunculkan isi e-mail terdahulu apabila kamu membalas atau melakukan reply. Sebaiknya kamu menghapus pesan tersebut dan hanya meninggalkan pesan yang benar-benar kamu anggap perlu.
10. Jangan mudah tersinggung, reaksi berlebihan, atau terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha
memikirkannya dengan baik,
Dalam bahasa tulisan, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespon suatu e-mail yang membuat kita marah atau tersinggung. Begitu juga dengan berkomunikasi lewat e-mail Apabila kamu merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, pasti kamu akan membalas dengan emosional juga,

maka sebaiknya jangan buru-buru membalas e-mail terscbut. Simpan terlebih dahulu dalam "draftfolder" selama beberapa hari untuk dibaca kembali. Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-bum menanggapi atau membalas suatu e-mail tawpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.
11. Bersabarlah dalam menunggu balasan (reply).
Ingatlah, orang tidak hanya hidup dengan Internet. Mereka mungkin tidak membalas e-ma//kamu dengan segera. Masih banyak orang yang menggunakan Internet di warung Internet, jadi jangan mengharapkan mereka akan membalasnya dengan segera.
12. Jangan mengirim e-mail dengan lampiran (attachment) yang terlahi besar, kecuali memang diminta.
Hal ini mengingat banyak pengguna Internet yang masih menggunakan sistem dial-up sehingga ukuran
file yang besar akan memperlambat proses pengambilanj?/etersebut.
13. Hindari kesalahan ejaan ataupun tatabahasa, tetapi tidakperlu mengkritikjika terdapat kesalahan pada
e-mail yang kamu terima.
14. Hindari penggunaan kata-kata "pedas" karena akan membuat orang merasa tidak enak hati,
15. Baca Frequently Asked Question (FAQ) jika kamu baru bergabung dalam sebuah kelompok diskusi.
FAQ atau pertanyaari-pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang biasanya mencantumkan aturan-
aturan yang harus dipenuhi oleh anggota kelompok diskusi yang ingin berkomunikasi.



nfoKorn;
Pesan dalam e-mail seringkali menggunakan singkatan, seperti BTW (By the way) atau OTDH (On the other hand). Selain itu, emoticon jugn sering digunakan. Yang dimaksuddengan emoticon adalah simbol-simbol yang mengungkapkan emosi

Melalui penyedia e-mail gratis
Menggunakan E-mail untuk Komunikasi


I * Undangan dari teraan I * Dari ISP
* Dari perusahaan
* Memesan sendiri

Pendaftaran E-mail
* Buka situs yang menyediakan
e-mail gratis
* Memilih userlD dan password
* Melengkapi data diri
Menggunakan E-mail
* Melakukan log in dengan userlD
dan password \ * Mengirim e-mail I * Melakukan attachment f * Melakukan reply I * Melakukan forward I * Menghapus e-mail I * Ts/Len-download attachment

2. Melakukan Pencarian Informasi Menggunakan Mesin Pencari (Search Engine)
Selain menggunakan situs-situs yang sesuai dengan mata pelajaran tertentu, kamu juga dapat melakukan | pencarian informasi melalui Internet dengan menggunakan mesin pencari atau lebih dikenal dengan istilah | search engine. Search engine yang dapat kamu gunakan, antara lain Google, Yahoo, Aha Vista, Alltheweb, Lyco&M Excite, Web crawler, dan search engine lainnya.

http://fatisarosyidatut.blogspot.com/2009/11/bab-3-materi-tik-kelas-xi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar